Minggu, 22 Juli 2018

Tahapan Model Sistem Pendukung Keputusan


Pengambilan keputusan secara eksklusif dipengaruhi oleh beberapa disiplin utama, beberapa perilaku, dan beberapa sifat ilmiah. Pemahaman mengenai beberapa variabel pengambilan keputusan sanggup memengaruhi kemampuan individu untuk menciptakan keputusan dan memperlihatkan dukungan. Pengambilan keputusan ialah proses menentukan di antara banyak sekali tindakan alternatif untuk mencapai tujuan atau target [6]⁠.


Tahapan dalam mengambil keputusan, diantaranya ialah [6]⁠:

Inteligence Phase
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup permasalahan serta proses pengenalan masalah. Data yang telah diperoleh, diproses dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.

Design Phase
Tahap ini merupakan proses pengembangan dan pencarian alternatif tindakan / solusi yang sanggup dijadikan materi pertimbangan. Tahap ini merupakan representasi insiden positif yang disederhanakan, sehingga diharapkan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti duduk kasus yang ada.

Choice Phase
Pada tahap ini dilakukan pemilihan terhadap banyak sekali alternatif solusi yang dimunculkan pada tahap perencanaan supaya individu sanggup menetukan sebuah pilihan dengan memperhatikan kriteria – kriteria menurut tujuan yang akan dicapai.

Implementation Phase
Pada tahap ini dilakukan penerapan rancangan sistem yang telah dibentuk pada tahap perancanagan serta pelaksanaan alternatif tindakan yang telah dipilih pada tahap pemilihan.

Tahapan-tahapan yang telah disebutkan tersebut sanggup menjadi faktor yang sangat besar lengan berkuasa pada acara pengambilan keputusan guna menuntaskan suatu permasalahan secara tepat.

Sumber:
E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Business Intelligence, 7th ed. New Delhi: Prentice-Hall Inc, 2007.
https://mind42.com/public/ccca6d00-c356-47a7-8714-b042f68d9df7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar