Selasa, 17 Juli 2018

Tata Cara Menciptakan Akun Orcid Dan Menambah Artikel Orcid Lengkap


Open Researcher and Contributor ID atau disingkat sebagai ORCID ialah instruksi alfanumerik noneksklusif yang dipergunakan untuk pengidentifikasian ilmuwan dan pengarang akademik lainnya. 

“Sebagai peneliti, mahasiswa dan dosen menghadapi tantangan untuk membedakan kegiatan riset( Penelitian) dari kegiatan orang lain dengan nama yang mirip. Anda harus sanggup dengan gampang dan unik melampirkan identitas Anda ke objek penelitian menyerupai kumpulan data, peralatan, artikel, dongeng media, kutipan, percobaan, paten, dan notebook. Ketika Anda berkolaborasi lintas disiplin, institusi, dan perbatasan, Anda harus berinteraksi dengan semakin banyak dan keragaman sistem isu penelitian. Memasukkan data berulang kali sanggup memakan waktu, dan sering kali menciptakan frustrasi.

ORCID ialah perjuangan yang terbuka, nirlaba, didorong oleh komunitas untuk menciptakan dan memelihara registri pengenal peneliti yang unik dan metode transparan untuk menghubungkan kegiatan penelitian dan output ke pengidentifikasi ini. ORCID unik dalam kemampuannya untuk menjangkau seluruh disiplin ilmu, sektor penelitian, dan batas-batas nasional. Ini ialah hub yang menghubungkan peneliti dan penelitian melalui penyematan pengidentifikasi ORCID dalam alur kerja utama, menyerupai pemeliharaan profil penelitian, pengiriman naskah, aplikasi hibah, dan aplikasi paten.

ORCID menyediakan dua fungsi inti: (1) pendaftaran untuk mendapatkan pengenal unik dan mengelola catatan aktivitas, dan (2) API yang mendukung komunikasi dan otentikasi sistem-ke-sistem. ORCID menciptakan kodenya tersedia di bawah lisensi open source, dan akan memposting file data publik tahunan di bawah pengabaian cc0 untuk unduhan gratis.Registry ORCID tersedia secara gratis untuk individu, yang sanggup memperoleh pengidentifikasi ORCID, mengelola catatan acara mereka, dan mencari orang lain di Registry. Organisasi sanggup menjadi anggota untuk menautkan catatan mereka ke pengidentifikasi ORCID, untuk memperbarui catatan ORCID, untuk mendapatkan pembaruan dari ORCID, dan untuk mendaftarkan karyawan dan siswa mereka untuk pengidentifikasi ORCID. 

Catatan ORCID menyimpan isu yang tidak sensitif menyerupai nama, email, organisasi, dan kegiatan penelitian. ORCID memahami kebutuhan fundamental bagi individu untuk mengontrol bagaimana data mereka dibagikan, dan menyediakan alat untuk mengelola privasi data. Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi isu Anda, konsisten dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi kami, yang dimaksudkan untuk mematuhi Prinsip-Prinsip Safe Harbor yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan A.S. ”

Dari klarifikasi (http://orcid.org/content/initiative) sanggup diambil kesimpulan bahwa setiap peneliti/ilmuwan/dosen sebaiknya mempunyai Orcid ID.  Cara mendaftarnya gampang dan masih gratis. Berikut caranya.
1) Kunjungi wibsite Orcid di http://orcid.org


2) Arahkan krusor ke “For Reasecher”. Lalu arahkan krusor ke “Register for an Orcid ID”. Lalu klik.


3) Silahkan isi formulir yang tersedia. Setelah selesai klik tombol “Register”.
4) Ikuti saja petunjuk selanjutnya. Tidak terlalu sulit. Gunakan e-mail resmi institusi Anda
5) Agar proses pendaftaran lengkap, maka Anda harus verifikasi di e-mail Anda.


6) Selesai. Anda tinggal memasukkan isu terkait dengan pendidikan, pekerjaan dan acara ilmiah. ID
ORCID ialah https://orcid.org/0000-0003-3412-002X


  7) Disini Anda bisa mengambil artikel Anda dari sumber yang ada di scopus, artikel yang mempunyai DOI menyerupai Crossref. Informasi ini ada di dalam petunjuk orcid tersebut sehabis Anda sign in. Jika diharapkan Anda sanggup mengedit dan menambah acara Anda. 

Menambah Artikel pada Orcid
Penambahan artikel pada halaman Orcid ada banyak sekali sumber seperti, scopus elsevier dan crossref. Penambahan artikel scopus akan secara otomatis mengikuti ID Scopus. Penambahan melalui DOI Crossref ada beberapa macam yaitu
1. Secara otomastis
Penambahan secara otomatis sanggup dilakukan ketika ketika mengisi metadata atau ketika submit artikel anda mengisi ID Orcid pada halaman OJS bagi yang memakai OJS. Intinya ketika impor ke crossref terdapat ID Orcid. Contohnya menyerupai berikut


2. Mencari secara manual
Pilih Add works > Search & link kemudian pilih CrossRef Metadata Search

Lakukan pencarian memakai nomor DOI artikel, misalnya 10.30595/juita.v6i2.3350.

Klik Add to ORCID,  Hasilnya menyerupai berikut

Segeralah menciptakan orcid alasannya kedepan sinta2.ristekdikti.go.id rumornya akan menggantikan google scholar dengan orcid. Untuk memenuhi publikasi di orcid pastikan artikel ilmiah yang dipublish mempunyai DOI.  Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar