Rabu, 29 Agustus 2018

Membuat Form Review Jurnal Ojs 3


Dalam proses review naskah, diharapkan adanya formulir review(review form). Formulir review ini  akan  digunakan  oleh  mitra  bestari  atau revieweruntuk  menuliskan  masukan-masukan atau karya pikir atas naskah yang beliau telaah.Tutorial ini menjelaskan cara menciptakan formulir review pada aplikasi Open Journal Systems(OJS)versi 3.

Ikutilah langkah-langkah di bawah ini:
1.Lakukan loginsebagai manager pada OJS Anda

2.Klik sajian Setting > Workflow.

3. Lanjutkan dengan menentukan tab Review. Pada bab Review Forms klik pada menu Create Review Form.


4. Akan tampil kotak Create Review Form. Pada bab Title isikan nama formulir yang Anda buat. Pada bab Description and Instructionsisikan klarifikasi dan instruksi dalam mengisi formulir. Lanjutkan dengan mengklik tombol Save.


5. Anda akan kembali ke halaman sebelumnya, akan tampil daftar formulir review yang telah Anda buat. Klik pada tanda ► yang ada di samping formulir yang Anda buat, lalu klik tombol Edit.


6. Akan tampil kotak Edit. Klik tab Form Items. Sekarang Anda siap melengkapi item-item untuk formulir review. Klik sajian Create New Item.


7. Akan tampil kotak Create New Item.


8. Pada bab Item, tuliskan nama item yang akan diisi oleh reviewer. Misalnya “Write your comment about title and abstract of manuscript. ”, alasannya yaitu nantinya akan meminta masukan reviewer terkait judul dan ajaib naskah. Sesuaikan dengan kebutuhan jurnal Anda.
9. Beri tanda cek pada opsi Reviewer required to complete item , artinya reviewer nanti harus mengisi isian ini.
10. Beritanda cek pada opsi Included in message to author , artinya pesan ini akan dikirimkan ke penulis.
11. Pada Choose item type, ada beberapa pilihan, dalam hal ini pilihlah Extended text box, sehingga reviewer sanggup mengetikkan masukan dalam bentuk goresan pena yang panjang sanggup dalam beberapa baris, bukan kata tunggal (Single word) dan bukan kalimat satu baris (Single line).
12. Bila diperlukan, Anda sanggup menentukan tipe Checkboxes, sehingga reviewer sanggup menentukan satu atau lebih opsi yang disediakan.
13. Bila diharapkan juga, Anda sanggup menentukan tipe Radio buttons, sehingga reviewer hanya sanggup menentukan satu opsi dari beberapa opsi ya ng disediakan.
14. Bila diharapkan juga, Anda sanggup menentukan tipe Drop - down box, sehingga reviewer hanya sanggup menentukan satu opsi dari beberapa opsi yang disediakan.
15. Opsi - opsi pilihan sanggup dibentuk dengan mengklik sajian Add Item pada bab Response Options.
16. Klik tombol Save. Anda akan kembali ke bab Form Items. Ulangi prosesnya dengan mengklik Create New Item untuk menciptakan item yang lain hingga formulir review Anda lengkap. Gambar di bawah yaitu formulir review yang penulis buat


17. Untuk melihat pratayang formulir, klik sajian Preview Form.


18. Proses pembuatan item akibat dengan mengklik tab Review Form dan klik tombol Save. Anda akan kembali ke daftar formulir review yang telah dibuat.

19. Klik pada ► lalu klik sajian Copy untuk memalsukan formulir yang telah Anda buat. Penggandaan ini bermanfaat kalau nanti Anda perlu menciptakan formulir yang gres dengan beberapa modifikasi dari yang lama.
20.Untuk mengaktifkan formulir yang telah Anda buat ini beri tanda cek pada kotak Active di samping nama formulir.


21.Akan tampil kotak dialog. Klik tombol OK untuk mengaktifkannya.




22.Sekarang formulir review telah siap dipakai dalam proses review naskah.
23.Pada sisi editor, kalau editor meng-assign reviewer, maka editor sanggup menentukan formulir review yang telah Anda buat tersebut.


24. Berikut ini tampilan dihalaman reviewer


Demikian klarifikasi cara menciptakan review form pada OJS versi 3. Semoga Bermanfaat.

Sumber: http://ilmukomputer.org/2018/06/01/membuat-review-form-di-ojs-3/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar