Sabtu, 06 Oktober 2018

Etika Mengirim Artikel Ilmiah Ke Jurnal Ilmiah


Pelajaran berharga bagi Anda calon Author Jurnal/ IC
Oleh Bapak Rahmat Hidayat
Posting di Telegram RJI
Ada calon penulis yang bertanya demikian:
"Bpk/ibu mhn proteksi jikalau ada gosip mengenai jurnal terakreditasi internasional yg terbit bulan november/desember? "
Dijawab oleh Pak Rahmat
"Saya agak resah saja, sebab bpk sudah menetukan November/ Desember mau diterbitkan (publish)
setau aku yang menetukan kapan paper kita diterbitkan cuma publisher daerah kita submit, kalaupun kita seruan ke publisher, jatuhnya ke jurnal Istimewa issue (mehong).
(red: biasanya) yang benar adalah, paper kita submit ke jurnal/IC, ada review, nikmati prosesnya…
saat paper kita accept di jurnal maka publisher yang memilih di issue mana akan di publish, saat kita “setuju” maka bayar;
saat reject, submit ke jurnal lain, begitu seterusnya….
Berbagi pengalaman:
Kemaren aku submit paper ke Q4, pada hari yg sama sanggup notifikasi “terima kasih sudah mengirimkan paper, kami akan distribusikan ke untuk proses review”,
hingga kini sudah sebulan belum ada jawaban….
kalau aku tidak sabar menunggu, maka paper aku tarik…
begitu seterusnya pak…"
Bagi kita sebagai pengelola jurnal, pernahkah Anda menjumpai calon Author demikian?
Mari, sama-sama kita beri penjelasan.
Admin
Sumber: fanspage RJI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar