Senin, 04 Januari 2010

Tips Trik Menambah Sidebar Blogspot

Sidebar ialah kolom kecil yang berada di sisi kiri atau kanan halaman blog utama (main) yang merupakan daerah untuk ditempatkannya gadget-gadget menyerupai gadget About me, Blog Archive, HTML/JavaScript dan gadget-gadget lainnya. Contoh blog dengan 3 (tiga) sidebar sanggup dilihat di sini.

Setiap kali kita menciptakan blog baru, suda terdapat sidebar standard, ada yang mempunyai hanya satu sidebar, ada yang mempunyai 2 sidebar. Sidebar pada blogspot sanggup ditambahkan dan sanggup juga dikurangi kalau tidak dibutuhkan. Namun pada artikel ini saya hanya menjeleaskan bagaimana caranya menambah sebuah sidebar gres di bawah sidebar yang sudah ada dengan template yang saya gunakan ialah Rounders 3. Bagi blogger yang memakai template yang berbeda silahkan sesuaikan dengan template blognya.

Berikut ini cara menmbah sidebar pada blogspot.

1. Login ke blogger dengan akun anda
2. Klik Layout
Setelah klik Layout maka semula tampilan layout blog sebelum ditambahkan sebuah sidebar gres terlihat menyerupai gambar berikut yang hanya terdiri dari 2 buah sidebar.



3. Klik Edit HTML
3. Cari arahan menyerupai berikut


4. Setelah menemukan arahan di atas copy arahan di bawah ini dan paste sempurna di bawh arahan di atas

5. Sehingga hasil arahan selengkapnya akan menjadi menyerupai berikut

6. Setelah menambahkan arahan lalu klik save/simpan
7. Klik layout dan lihat hasilnya yang pada awalnya hanya 2 buah sidebar, sekarang bertambah satu sidebar gres menjadi 3 buah sidebar menyerupai terlihat dalam gambar berikut


Tips dan trik untuk menambah sebuah sidebar gres sudah selesai, selanjutnya apabila setiap masing-masing sidebar dipasang 1 gadget contohnya pada sidebar teratas dipasang gadget About Me lalu sidebar tengah dipasang gadget Blog Archive dan sidebar paling bawah dipasang gadget Followers maka hasil kesudahannya akan menjadi menyerupai berikut


Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang masih berguru menciptakan blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar