Selasa, 19 Januari 2010

Menambah Partisi Gres Hard Disk Dengan Partition Magic 8.0

Mempartisi hard disk dengan memakai sistem operasi sudah biasa dan sudah sering dilakukan sedangkan untuk mempartisi hard disk setelah sistem operasi terinstall masih ada pemula yang belum mencobanya maka dari itu artikel ini sangat berkhasiat bagi pemula yang hendak menambah sebuah partisi hard disk pada komputernya memakai Partition Magic 8.0.

Untuk memulai menciptakan partisi gres silahkan jalankan partition magic 8.0

Setelah masuk pada Jendela Partition Magic, langkah berikutnya yaitu klik partisi drive C lalu pada Partition Operations tab klik Resize/Move partition sehingga muncul jendela Resize/Move Partition menyerupai gambar berikut



ketik besarnya space (MegaByte) yang diharapkan pada Free Space Before atau Free Space After. Untuk penggunaan free space before atau free space after tergantung dari rencana kita apakah menempatkan partisi gres tersebut sebelum drive c atau sehabis drive c, apabila hendak menempatkan partisi gres sebelum drive c maka ketik besarnya space pada free space before dan apabila hendak menempatkan partisi gres tersebut setelah drive c maka ketik besaran space pada free space after.

Sebagai pola di sini saya menempatkan partisi gres setelah drive c maka saya mengetik besaran space sebesar 15.000 MB pada Free Space After lalu klik OK.



setelah mengetik sejumlah ukuran bytes maka tampilan partisi hard disk akan menjadi menyerupai gambar berikut :



Klik pada partisi yang barusan ditambahkan lalu klik Create Partition pada tab Partition Operations sehingga muncul jendela Create Partition.
Ubah options sesuai dengan kebutuhan menyerupai Primary Partition atau Logical Partition, Drive Letter, Partition Type (FAT/NTFS), Size. Disini saya menjelaskan menciptakan sebuah drive logical jadi eksklusif saja klik OK tanpa melaksanakan perubahan apa-apa pada jendela create partition.



Setelah klik OK maka hasil partisi keseluruhan hard disk akan terlihat menyerupai gambar berikut yaitu sudah ditambahkan sebuah drive gres berjulukan drive G.



Setelah proses menandai partisi selesai selanjutnya yaitu operasi terakhir yaitu dengan klik Apply pada tab Operation Pending sehingga semua operasi yang masih pending diselesaikan. Saat seteleh klik Apply maka akan muncul pesan Apply Changes yang terdiri dari 3 pilihan yaitu Yes jikalau anda oke untuk melanjutkan proses, lalu pilih No apabila anda tidak jadi melanjutkan proses dan pilih details untuk melihat detail proses yang sudah kita lakukan dan masih dalam pending. Klik Yes sebab kita hendak melanjutkan proses.





Setelah itu muncul pesan untuk merestart komputer, klik OK untuk restart dan biarkan proses restart serta finalisasi partition berjalan sampai selesai dan kembali masuk ke sistem operasi windows.
Proses menambah partisi gres pada komputer yang sudah terinstall sistem operasi windows sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar