Jumat, 06 November 2009

Save Dan Open File

Save dan Open file ialah dua buah perintah untuk menyimpan dan membuka file atau dokumen. Dilihat dari fungsinya memang hanya menyimpan dan membuka file akan tetapi apabila salah memakai perintah ini sanggup menyebabkan hilangnya data. Tidak semua orang hati-hati dalam menyimpan file kadangkala ada semacam peringatan yang muncul apabila kita memakai perintah penyimpnana tersebut namun tidak dibaca lagi dan eksklusif klik OK atau YES.

Kenapa artikel yang tidak penting ini saya posting...karena saya rasa tidak penting untuk kita yang sudah biasa memakai kedua perintah ini, namun bagaimana dengan saudara kita yang masih pemula memakai perintah ini, menyerupai yang saya lihat sendiri pada salah seorang pengguna microsoft office excel, yang katanya filenya sudah diketik dan disimpan namun keesokan harinya dibuka kembali selalu kosong. Usut punya usut ternyata orang ini membuka filenya memakai perintah Save As dan balasannya ialah Workbook kosong disimpan dan menimpah isi file yang sudah dibuatkan sebelumnya.

Kejadiannya menyerupai ini, seseorang menciptakan sebuah file microsoft office excel dengan nama file latihan1.xls dan isinya dibuatkan tabel serta isi tabelnya. kemudian file tersebut disimpan dengan nama file latihan1.xls.



Keesokan harinya orang ini mengaktifkan microsoft office excel kemudian dari sajian file klik File-Save As dan pilih file yang sudah dibuatkan kemarin kemudian klik Save kemudian Yes.
Orang ini tidak sadar bahwa bersama-sama orang ini sedang membuka file akan tetapi orang ini sedang menimpah file yang sudah dibentuk kemarin dengan workbook blank atau kosong.

Lucu bukan kisah di atas namun kisah di atas ialah benar terjadi dan saya harapkan semoga dengan adanya artikel ini tidak ada lagi saudara kita yang mengalami maslaah menyerupai ini. Belajarlah dengan sabar dan perlahan-lahan sampai mengerti kedua perintah tersebut semoga tidak menjadi bumerang bagi diri anda sendiri.

Kejadian menyerupai ini saya yakin tidak hanya terjadi pada para pemula pengguna komputer saja tetapi sanggup saja terjadi pada kita yang sudah biasa memakai komputer sekalipun jikalau dilakukan dengan terburu-buru dan  tanpa membaca terlebih dahulu.

Meskipun komputer merupakan sarana yang sangat cerdik namun tetap saja semuanya tergantung pada data yang dimasukan ke komputer. Data atau perintah yang dimasukan ke komputer itu salah maka hasilnyapun akan salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar