Selasa, 24 Desember 2019

Cara Mengedit File Hosts Di Windows 10

Apa itu host, simplenya dengan memakai host kita sanggup mengalihkan alamat ip atau website hanya pada komputer kita. Contoh mudahnya bila pernah install xampp maka saat kita saluran pada web browser maka sanggup kita ketikkan localhost. Nama localhost itu juga kita sanggup rubah sesuai dengan nama yang kita inginkan.  Hal lain yang sanggup dilakukan yaitu memblokir spyware ataupun iklan dengan mengarahkan IP domainnya ke 0.0.0.0, atau bahkan memblokir server update sebuah software yang tidak ingin diupdate.

Hal yang sering digunakan ialah melaksanakan migrasi server lokal dari xampp local ke server hosting maupun vps. Bantuan perubahan host ini tidak akan banyak merubah konfigurasi nantinya bila website kita dionline kan. Alasan lain melaksanakan perubahan host bekerjsama masih banyak, silahkan dicari sendiri ya. Pada artikel ini saya akan jelaskan cara edit file Hosts di Windows 10 dengan cepat dan mudah.

Cara Edit File Hosts pada Windows

Untuk mengedit file Hosts di Windows 10, caranya cukup mudah. Kita tinggal ketikkan saja Notepad di kolom pencarian Windows. Setelah itu klik kanan > Run as Administrator.

Setelah itu di Notepad, klik File > Open > dan browse ke
C:\Windows\System32\Drivers\etc\
Disini mungkin kau tidak menemukan apapun, sebab itu persis di samping kanan kolom File name, pilih All Files.

Begitu banyak sekali file didalamnya terlihat, pilih file Hosts > Open


Nah kini kau tinggal arahkan saja domain yang kau inginkan ke IP yang kau inginkan, dengan format — IP tab Domain. Kaprikornus misal domain kuliahkomputer.com ingin saya arahkan ke IP server gres (misal ip localhost) ialah 127.0.0.1, maka saya tinggal isikan saja:
127.0.0.0 kuliahkomputer.com
Jika sudah, simpan dengan menekan CTRL + S.

Terakhir, kau tinggal flush DNS biar perubahan tersebut pribadi sanggup dirasakan.
Ketikkan CMD di kolom pencarian Windows > klik kanan > Run as administrator.

Lalu jalankan command berikut ini, dan tekan Enter.

ipconfig /flushdns
Jika sudah, kau sanggup cek dengan ping domain tersebut, dan akan terarah ke IP yang kau inginkan.
ping kuliahkomputer.com

Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar