Senin, 08 April 2019

Perbedaan Inner Join, Left Join, Right Join, Dan Full Join Pada Mysql

Pagi yang cerah untuk menulis tutorial kali ini. Share kali ini wacana pengetahuan mengenai database mysql atau MariaDB. Pada tutorial ini akan dibahas perbedaan perintah MySQL LEFT JOIN, RIGHT JOIN, INNER JOIN dan FULL JOIN. Untuk fungsinya niscaya kalian sudah paham kalau belum niscaya tidur waktu dikelas. Perintah JOIN dalam SQL dipakai untuk menampilkan data pada table yang saling berelasi atau tanpa berelasi tapi berafiliasi . Artinya kita sanggup menampilkan data dalam beberapa table dengan melihat ada kesamaan antar tabel walau ada entitas yang berbeda namun isinya sanggup kita hubungkan. Penjelasan lebih detail sanggup ditanyakan dikelas matakuliah masing-masing ya. Suapaya tidak kelamaan pusingnya, kini saya akan mempraktekan semuanya.
Pertama saya akan menciptakan database di terminal (kalau memakai Linux atau Mac, kalau Windows namanya CMD). 
*catatan perintah yang dilakukan khusus linux dengan LAMPP (XAMPP), untuk os lainnya silahkan menyesuaikan.
Saya akan menciptakan database dengan nama belajarjoin ingat tanpa spasi dan aksara kecil semua:
Perintahnya sudah pernah lihatkan? , baca-baca ulang dan ingat-ingat waktu dikelas ya.
Selanjutnya saya akan menciptakan dua tabel, yang dipakai untuk praktek join. tabel yang dibentuk ialah tabel kelas dan tabel ruang
Perintahnya dasar ibarat ini niscaya sudah hafal, kalau belum ya kebangetan, selalu saya ingatkan lagi baca-baca ulang dan ingat-ingat waktu dikelas ya.
sengaja saya buat 2 tabel dan sedikit entitas, biar pemahaman kalian lebih mudah, jikalau ingin lebih banyak tabel dan entitas ya harus sanggup dulu dari yang kecil. bertahap lama-lama jadi bukit kan?



Selanjutnya kita isi data pada kedua tabel, jangan banyak-banyak ya cukup 5 data pada tabel kelas dan 6 pada tabel ruang. isiannya disamakan dengan gambar diatas ya. selanjutnya cek isi pada kedua tabel:

Selanjutnya kita berguru Join yang pertama ialah inner join.


Silahkan diperhatikan query pada gambar diatas. Kaprikornus apa itu inner join?

INNER JOIN ialah sebuah perintah yang dipakai untuk menampilkan sebuah data atau record dengan menghubungkan dua table atau lebih dalam satu perintah, pada perintah inner join data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mempunyai pasangan saja, maksudnya ialah data pada table tidak mempunyai sebuah kesamaan maka data tidak akan ditampilkan.

panjang ya deskripsinya, simpelnya itu

menampilkan data-data yang mempunyai nilai sama antara id_kelas pada table kelas dan id_kelas pada table ruang. Yang artinya data tersebut sanggup dipasangkan.

Selanjutnya kita berguru Left Join. 
 
Silahkan diperhatikan query pada gambar diatas. Kaprikornus apa itu left join?

LEFT JOIN, fungsi dari left join hampir sama dengan inner join dan right join, namun pada LEFT JOIN kebalikan dari RIGHT JOIN, jikalau pada right join akan menciptakan sebuah parameter di sebelah kanan namun pada left join akan menciptakan sebuah parameter dari table sebelah kiri, dan jikalau ada data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan.

panjang ya deskripsinya, simpelnya itu

LEFT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun pada table kelas (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.

Selanjutnya kita berguru Right Join. 

Silahkan diperhatikan query pada gambar diatas. Kaprikornus apa itu left join?

RIGHT JOIN, fungsi dari right join hampir sama dengan inner join namun pada right join akan menciptakan sebuah parameter pada sebelah kanan jikalau data pada table terdapat data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL.

panjang ya deskripsinya, simpelnya itu

RIGHT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun kebalikan dari LEFT JOIN, pada table ruang (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.


Selanjutnya kita berguru Full Join. 


Perintah FULL JOIN tidak sanggup dipakai pada database MySQL. Ketika diketikkan query akan muncul ibarat gambar diatas. solusinya kita memakai komplemen perintah union.


Silahkan diperhatikan query pada gambar diatas. Kaprikornus apa itu Full join?
FULL JOIN, fungsi dari full join hampir sama dengan inner join, right join, dan left join, namun pada FULL JOIN campuran dari RIGHT JOIN dan FULL JOIN, jikalau pada right join akan menciptakan sebuah parameter di sebelah kanan dan  pada left join akan menciptakan sebuah parameter dari table sebelah kiri, maka full join menciptakan sebuah parameter pada kanan dan kiri. Jika ada data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan dan disebelah kiri.

panjang ya deskripsinya, simpelnya itu

FULL JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun pada table kelas (table kanan) dan tabel ruang (tabel kiri) data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.

bagaimana tambah pusing atau tambah bersemangat menciptakan query?
sebenarnya penggunaan semua join tidak terlalu dipersoalkan apakah ingin memakai INNER JOIN, LEFT JOIN, RIGHT JOIN dan FULL JOIN. Intinya gunakan sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk sering mencoba dan terus menemukan hal-hal gres dalam membangun sebuah sistem informasi. 


Terimakasih, Semoga bermanfaat.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar