Rabu, 23 Juni 2010

Menampilkan Hidden File Folder Terjangkit Virus

Permasalahan kerusakan file, kehilangan file, file terhidden/disembunyikan virus, folder diubah menjadi folder.exe a(executable), hal semacam ini sudah sering sekali dipertanyakan dan sudah banyak yang menulis di blog/web mereka sebagai balasan atas pertanyaan tersebut.

Hari ini virus tersebut ternyata belum tamat juga... lantaran hari ini terbukti pertanyaan itu muncul kembali di Facebook group (bagi yang mau join dan share ilmunya dipersilahkan) yang memang aku buatkan sebagai kawasan bertukar pikiran dan memberikan pertanyaan serta sharing perihal ilmu komputer.

Dengan adanya pertanyaan tersebut risikonya aku harus menulis juga artikel ini meski artikel ini sudah berjubel di internet toh tetap niscaya ada keuntungannya khususnya sobat-sobat blogger maupun pengunjung setia yang sering berkunjung ke BIK Pemula ini semoga tidak sulit menemukan artikel mengembalikan file dan folder yang disembunyikan virus serta tips menghadapi virus lainnya.

Ayo kita mulai dengan cara mengatasi file atau folder yang bermetamorfosis exe tersebut semoga file atau folder yang sudah disembunyikan oleh virus dapat kembali menyerupai semula.

MENGHILANGKAN VIRUS

Untuk mengatsi problem otomatis kita harus mencari penyebab dari timbulnya problem tersebut. oleh lantaran problem tersebut disebabkan oleh virus maka langkah pertama yaitu membumihanguskan dulu virusnya... kayak perang aje ye... artinya ya virusnya harus dibersihkan terlebih dahulu.
Untuk hal mencari anti virus yang sempurna untuk mengatasi file folder exe ini tidak sulit, dapat dicari memakai search engine anti virus apa yang patut di coba, sebagai teladan di sini aku memakai avast free anti virus. Bila anda ingin mencoba memakai avast free anti virus silahkan download di sini.

Setelah download antivirus, install dan scan komputer dan anggap saja komputer anda kini sudah terbebas dari virus maka ikuti langkah berikut ini.

MENGEMBALIKAN HIDDEN (tersembunyi) FILE/FOLDER

Jalankan command prompt dengan cara klik hidangan Start - Run kemudian ketik CMD dan tekan ENTER.

Sebelum memulai, tentukan dulu drive mana yang terjangkit virus dan akan dikembalikan file dan foldernya yang tersembunyi tadi. Misalkan saja file dan folder yang tersembunyi tadi ada di flash disk anda yang terpasang di komputer dengan drive flash disk yaitu drive G.

Oleh Karena kita hendak mengembalikan file dan folder yang ada di drive G maka terlebih dahulu harus masuk ke drive G dengan cara ketik G: (boleh abjad kecil) dan tekan Enter.



Setelah berada di drive G (seperti pada gambar di atas) barulah ketik perintah berikut ini, jikalau drive anda berbeda silahkan ketik nama drive yang sesuai.

ATTRIB -R -S -H /S /D

Perintah di atas aku ketik dengan abjad besar (capital) hanya untuk memperjelas ketika dibaca saja, namun pada prakteknya dapat memakai abjad kecil. Apabila file-file dan folder-folder yang ada di dalam flash disk cukup banyak, maka waktu yang diperlukan pun sedikit usang jadi bersabar sampai proses selesai.


Tunggu proses perubahan attribute file yang disembunyikan virus berjalan sampai selesai dan kembali ke drive G.

Proses mengembalikan file pada flash disk sudah selesai, selanjutnya silahkan lihat kembali file/folder yang ada di flash disk melalui windows explorer atau dapat juga dengan melihat file melalui DOS command yaitu dengan perintah DIR kemudian enter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar