Jumat, 07 Mei 2010

Tips Melaksanakan Pencarian Search Engine

Search Engine atau bahasa indonesia dikenal dengan nama Mesin Pencari yaitu sebuah situs yang mempunyai database elektonis yang menyimpan isu berupa alamat-alamat situs, email dan isu lainnya yang bertebaran diseluruh dunia.

Ada banyak search engine didunia internet namun yang paling populer dan paling banyak dipakai dikala ini yaitu mesin pencari google. Selain mesin pencari google ada banyak lagi mesin pencari lainnya yang tidak kalah banyak dipakai sebagau sarana untuk menemukan isu seperti


http://www.yahoo.com

http://www.altavista.com

http://www.bing.com

Untuk menemukan data atau isu yang diinginkan di database, seorang pengguna internet harus memasukan sebuah kata yang disebut kata kunci ke sebuah kotak pencarian lalu memerintahkan situs tersebut untuk menampilkan hasil pencarian yang ditemukan dengan cara klik tab pencarian.

Dari beberapa pola pencarian di atas yang memakai kata kunci , search engine atau mesin pencari menemukan begitu banyak isu yang tersedia pada situs-situs dengan kata kunci .

Dengan hasil yang begitu banyak yang ditampilkan oleh search engine sehingga membingungkan para pengguna search engine untuk memilih/klik hasil temuan mesin pencarian tersebut. Sebenarnya sudah banyak pengguna internet sudah paham ihwal tips menyerupai ini namun oleh alasannya yaitu masih ada sahabat kita yang belum paham memakai search engine sehingga aku balasannya menulis artikel ini untuk sodara kita yang masih belum paham saja. Bagi yang sudah paham silahkan dilewatkan saja.

Hasil yang ditampilkan pada search engine yaitu kata-kata yang ditemukan di dalam sebuah situs dan sudah terekam di dalam database search engine itu sendiri. Namun setiap hasil yang diklik banyak yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Misalkan seseorang ingin mencari alamat blog dengan memakai kata kunci "belajar ilmu komputer" namun orang ini tidak tau yang mana yang harus di klik alasannya yaitu yang muncul begitu banyak kata .

Untuk menentukan mana yang harus di klik dari hasil pencarian maka perhatikan bab dari hasil pencarian search engine yaitu ada 3 bagian, bab paling atas berawarna biru yaitu kata-kata yang ditemukan sesuai dengan kata kunci yang kita masukan yang mungkin menjelaskan judul dari artikel atau situs, sedangkan bab tengah dengan teks warna hitam yaitu bab dari body teks yang memuat kata-kata yang bekerjasama dengan kata kunci yang kita masukan. Kemudian pada baris paling bawah yaitu baris yang sangat penting yaitu baris alamat kata kunci atau katau kata-kata yang dicari tersebut di simpan.

Dari sedikit klarifikasi di atas maka apabila seseorang ingin mencari web belajar-ilmu-komputer.blogspot.com maka orang tersebut harus memperhatikan bab ketiga ini yang biasanya berwarna hijau.

Semoga dengan sedikit isu ini sanggup bermanfaat bagia pengguna internet pemula. Selamat berselancar di dunia internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar