Sabtu, 02 Juni 2012

Cara Menciptakan Bintang Dengan Adobe Photoshop

Belajar Cara paling praktis menciptakan bintang dengan Adobe Photoshop di blog kali ini, aku memakai Adobe Photoshop CS. Meski memakai Adobe versi lama, tetapi cara ini juga sanggup dipraktekkan di Adobe versi terbaru, mungkin sedikit terdapat perbedaan saja. Untuk menciptakan sebuah bintang menyerupai gambar di bawah ini, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.


Cara Membuat Bintang dengan Adobe Photoshop CS

Pertama-tama buatkan sebuah dokumen gres dengan ukuran Width : 400 Pixels dan Height : 400 Pixels, Resolution 72 Pixels/inch, Color Mode : RGB Color 8 Bit. Setelah itu ikuti langkah berikut.

1. Ubah warna latar berlakang menjadi biru tua. Caranya, klik Set Foreground Color pada Toolbox, lalu ketik 10045A ddisamping kanan tanda # dan klik OK.



2. Buatkan sebuah Layer baru, caranya klik pada Create a new layer.



3. Ubah warna Set Foreground Color menjadi putih (ffffff) lalu buatkan sebuah garis mendatar (path) di tengah kanvas dengan Pen Tool (P), pengaturan Pen Tool sanggup dilihat dalam gambar di bawah ini.






4. Pilih Brush Tool (B) di Toolbox, lalu atur Master Diameter-nya menjadi 5px, dan Hardness-nya menjadi 100%. Selanjutnya pilih Pen Tool (P) lalu klik kanan di dalam area gambar. Pilih Stroke Path, Pada jendela Stroke Path, atur Tool:Brush dan centang pada Simulate Pressure dan klik OK, lalu tekan tombol Delete di Keyboard, sehingga risikonya menyerupai gambar berikut.





5. Duplikat layer 1 (bintang). caranya klik sajian Layer - Duplicate Layer. Selanjutnya putar  objek hasil copy-an tadi sehingga saling menyilang menyerupai pada gambar di bawah. Caranya Pilih Move Tool di Toolbox, lalu klik sajian Edit - Transform - Rotate 90o CW.



6. Langkah berikutnya, menggabungkan layer 1 copy dengan layer 1. Caranya klik pada layer 1 copy, lalu klik sajian Layer - Merge Down atau sanggup juga dengan cara klik layer 1 copy lalu tekan CTRL E pad akeyboard.

7. Duplikat layer 1 (hasil adonan tadi). Untuk menduplikat layer caranya sama dengan cara  nomor 5 di atas. Sekarang lanjutkan untuk memutar layer hasil copy tadi dengan cara, klik sajian Edit - Transform - Rotate, lalu atur sudut (derajat) menjadi 45o, dilanjutkan dengan klik Move Tool dan klik Apply, sehingga membentuk gambar menyerupai berikut.





8. Agar terlihat lebih menarik maka sebaiknya layer 1 copy diperkecil. Caranya klik sajian Edit - Transform - Scale, lalu atur  skala W:75,0% dan H 75,0%. AKhiri dengan klik Move Tool dan Apply. sehingga hasil menjadi menyerupai gambar berikut.






9. Gabungkan kembali layer 1 dengan layer copy 1. caranya sama dengan cara no. 6 di atas.
10. Klik layer background. atur Foreground dan background color menjadi warnah putih. Kemudian pilih Brush Tool (B) dan atur Brush menjadi 200, Mode : Normal, Opacity 20% dan Flow 100%. Selanjutnya klik satu kali di tengah-tengah bintang. Hasil tamat menjadi menyerupai berikut.





Demikian tutorial Cara pling praktis menciptakan bintang dengan Adobe Photoshop CS. Semoga dengan cara praktis ini anda semakin terinspirasi untuk menciptakan bintang yang lebih manis lagi. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar